Minggu, 07 Agustus 2016

Jenis Riset Pemasaran

Analisa pasar melibatkan analisa faktor-faktor bagian dalam pasar untuk menentukan potensi pasar dari produk atau jasa yang diberikan. Peneliti pasar mengumpulkan daya dan menganalisa faktor-faktor yang berdampak pada kemungkinan penjualan di segmen pasar yang ada. 
Terdapat beberapa jenis riset pasar yang banyak dilakukan. Sedikitnya 9 tipe. Pertama, yang termasuk mayoritas dalam riset pemasaran adalah Brand Image Tracking dan Brand Equity. Riset ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai brand perusahaan pada pasar sejenis. Kedua, Customer Satisfaction Analysis. Riset ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan para konsumen atas pelayanan yang diberikan.
Ketiga, Usage and Segmentation. Riset ini berguna untuk memberikan advis segmentasi atas produk pada industri sejenis. Keempat, Product Development. Riset ini berkaitan dengan pengembangan produk baru dari perusahaan yang akan dilaunching.
Kelima, Competitor Intelligence. Riset intelijen pesaing berguna untuk melihat seberapa kuat persaingan dan peta pesaing yang dihadapi oleh perusahaan. Ini berkaitan dengan kekuatan internal dan eksternal perusahaan. Keenam, Market Sizing. Riset ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar ukuran perusahaan di pasar/industri tertentu.

Tipe selanjutnya adalah Pricing Research yang berkaitan dengan strategi penentuan harga produk yang dimiliki perusahaan. Beberapa pendekatan seperti Price Sensitivity Meter (PSM) dan yang lain, biasa digunakan. Selain yang tersebut di atas, ada beberapa tipe riset pemasaran lain seperti Ad Testing dan Mystery Shopping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar